Mengenal Internet Service Provider (ISP)

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Sebelum memulai materi, marilah kita berdoa semoga pandemi COVID ini segera berakhir, sehingga kita bisa melaksanakan pembelajaran secara tatap muka dikelas, serta semoga apa yang kita pelajari hari ini bisa menjadi ilmu yang bermanfaat. Al Fatihah…

Setelah membaca materi ini jangan lupa untuk mengerjakan tugas harian yang ada di bawah materi ini. Jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan melalui whatsapp (0856 4817 6916)

Internet Service Provider (ISP) adalah perusahaan yang menyediakan internet untuk dapat diakses oleh masyarakat. Masyarakat dapat berlangganan secara individu maupun berkelompok. Sebagian ISP menggunakan kabel telepon untuk memberikan akses internet.
Saat ini banyak ISP di Indonesia. Bahkan, pada tahun 2007, tercatat lebih dari 100 ISP resmi. ISP resmi memperoleh izin dari MENKOMINFO. ISP-ISP ini bergabung dalam organisasi Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).
Jika suatu saat Anda ingin berlangganan internet menggunakan jasa ISP, Anda dapat mengikuti aturan-aturan berikut.

  1. Meminta formulir untuk menjadi pelanggan.
  2. Mengisi formulir. Biasanya formulir dikumpulkan dengan dilengkapi fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotokopi rekening listrik, air, atau telepon. Kelengkapan ini biasa digunakan untukmemastikan bahwa calon pelanggan benar-benar bertempat tinggal di lokasi yang disebutkan.
  3. Mengembalikan formulir dan membayar biaya administrasi.
  4. Pihak ISP akan memberikan username dan password. Username dan password digunakan sebagai pembuka akses internet.
  5. Jika berlangganan RT/RW-net, pelanggan memerlukan peralatan tambahan semisal Wajanbolic e-goen.

Secara umum, ISP di Indonesia menggunakan teknologi berikut.

  1. Sambungan ke internet menggunakan kecepatan yang sangat tinggi (beberapa ISP di Indonesia menggunakan kecepatan hingga beberapa Gbps).
  2. Sambungan internet disambungkan ke router besar semisal Cisco atau Juniper Network. Router ini digunakan untuk mengatur komunikasi antara internet dan pelanggan.
  3. Biasanya ISP menggunakan server. Server ini digunakan untuk keperluan web, mail, dan sebagainya. Sebagian server ISP menggunakan sistem operasi yang bersifat open source.

Info Tekno : Sesuai namanya, RT/RW-net adalah langganan internet yang dilakukan oleh sekelompok warga. Pengaturan (konfigurasi) jaringan RT/RW-net sama dengan pengatur- an jaringan hotspot dan LAN biasa. Bedanya, jangkauan RT/RW-net termasuk luas (antara 500 m–4 km). RT/RW-net menggunakan sarana tambahan misalnya Wajanbolic e-goen sebagai antena dan relay berupa hub atau switch.

Notasi Kecepatan Transfer Data

Dalam dunia jaringan dan internet, kecepatan transfer data menjadi topik yang sering dibicarakan. Semakin cepat transfer data dapat dilakukan, koneksi jaringan dan internet semakin lancar.
Kecepatan transfer data diukur menggunakan satuan umum bit per second (bit per detik) atau disingkat bps. Notasi bps digunakan pada peralatan jaringan semisal modem. Coba perhatikan contoh notasi kecepatan transfer data berikut.
1.000 bit/second = 1 kilobit/second = 1 kbps
1.000.000 bit/second = 1 megabit/second = 1 Mbps
100.000.000 bit/second = 1 gigabit/second = 1 Gbps

Selain notasi dalam bit, kecepatan transfer data juga dinyatakan dalam satuan Byte per second. Satu Byte setara dengan 8 bit. Jadi, diperoleh hubungan berikut.
1 kBps = 8 kbps
1 MBps = 8 Mbps
1 GBps = 8 Gbps

Notasi Bps digunakan untuk mengukur kecepatan transfer data menggunakan jaringan atau internet.

Contoh Perhitungan merubah satuan Byte ke bit atau sebaliknya bit ke Byte

23 kBps = … kbps
-> = 23 x 8 kbps
-> = 184 kbps

16 MBps = … Mbps
-> = 16 x 8 Mbps
-> = 128 Mbps

32 GBps = … Gbps
-> = 32 x 8 Gbps
-> = 256 Gbps

1024 kbps = … kBps
-> = 1024 : 8 kBps
-> = 128 kBps

10 Mbps = … MBps
-> = 10 : 8 MBps
-> = 1,25 MBps

128 Gbps = … GBps
-> = 128 : 8 GBps
-> = 16 GBps

Setelah selesai membaca materi diatas. Silahkan isi tugas harian dibawah ini. (Jangan Lupa untuk Klik Kirim/Submit untuk menyimpan hasil tugas). Jika ada pertanyaan bisa disampaikan melalui Whatsapp (0856 4817 6916)