Mematikan Komputer

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Sebelum memulai materi, marilah kita berdoa semoga pandemi COVID ini segera berakhir, sehingga kita bisa melaksanakan pembelajaran secara tatap muka dikelas, serta semoga apa yang kita pelajari hari ini bisa menjadi ilmu yang bermanfaat. Al Fatihah…

Setelah membaca materi ini jangan lupa untuk mengerjakan tugas harian yang ada di bawah materi ini. Jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan melalui whatsapp (0856 4817 6916)

Setelah menggunakan komputer, tentu Anda perlu mematikan komputer. Mematikan komputer harus dilakukan sesuai prosedur. Hal ini disebabkan komputer peka terhadap arus listrik. Benda elektronik ini juga peka terhadap tata cara Anda menggunakan komputer. Jika Anda mematikan komputer tidak sesuai prosedur, komputer akan cepat mengalami kerusakan.

1. Kerusakan Akibat Mematikan Komputer yang Tidak Sesuai Prosedur

Kerusakan akibat mematikan komputer tanpa prosedur bermacam- macam. Simaklah beberapa kerusakan yang mungkin terjadi.

a. Kerusakan File
Kerusakan file terjadi jika komputer dimatikan saat komputer sedang memproses file. Kerusakan ini dapat terjadi karena kesalahan pengguna maupun saat listrik mati mendadak.
b. Kerusakan Sistem Operasi
Kerusakan sistem operasi dapat pula terjadi jika komputer mati mendadak. Jika sistem operasi rusak, pengguna komputer harus mem- perbaiki atau melakukan instal ulang.
c. Kerusakan Hard Disk
Mematikan komputer secara paksa dapat pula merusak hard disk. Perangkat penyimpan data ini dapat rusak karena bagian hard disk, yaitu head, belum sempat dikunci.

2. Mengakhiri Program Aplikasi yang Macet

Saat menjalankan komputer, adakalanya komputer tersebut tidak menjalankan perintah yang diberikan. Dalam bahasa komputer, status keadaan ini disebut not responding.
Gejala keadaan not responding misalnya proses kerja program aplikasi yang sangat lama, kursor yang tidak dapat digerakkan, serta keyboard yang tidak berfungsi. Jika kursor tidak dapat digerakkan, berarti komputer tidak dapat menjalankan perintah yang diberikan menggunakan mouse. Mouse serta keyboard yang tidak berfungsi biasanya menandakan sistem operasi sedang terganggu.
Untuk mengatasi keadaan not responding, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut.
a. Menekan tombol Ctrl + Alt + Del secara bersamaan. Dengan perintah ini komputer akan memperlihatkan kotak Windows Task Manager.

Task Manager pada Windows XP
Task Manager pada Windows 10

b. Pilihlah program aplikasi yang sesuai, kemudian klik tombol End Task.
c. Jika sistem operasi benar-benar macet, Anda dapat menekan tombol reset. Jangan terlalu sering menggunakan tombol ini karena menggunakan tombol ini berarti mematikan komputer secara paksa.

3. Mengakhiri Kerja Komputer

Prosedur mematikan komputer telah Anda pelajari saat Anda duduk di kelas VII. Untuk mengingat cara mematikan komputer, simak uraian berikut.
Misalkan Anda menggunakan komputer. Saat itu pula Anda membuka program aplikasi pengolah kata. Jika Anda ingin mematikan komputer, langkah-langkah yang dapat Anda lakukan sebagai berikut.

1. Karena membuka program aplikasi pengolah kata, sebelum mematikan komputer Anda harus menutup program aplikasi pengolah kata.

2. Menutup program aplikasi ini dapat disertai dengan pilihan menyimpan file.

3. Setelah program aplikasi pengolah kata ditutup, Anda dapat melakukan klik pada tombol start / Icon Windows di pojok kiri bawah.

4. Setelah itu komputer akan menampilkan Menu, Kemudian klik icon Power, maka akan muncul lagi pilihan Restart, Shut Down, Hibernate, dan Sleep.
Untuk mematikan komputer, pilih dan lakukan klik pada tombol Shut Down

Sesaat kemudian komputer akan melakukan proses shutting down. Jika telah selesai, tekan tombol power untuk mematikan monitor.

Setelah membaca Materi diatas silahkan mengerjakan Tugas dengan cara Klik link dibawah ini

Menuju ke Tugas

atau https://forms.gle/qqsifgSeGK75wb6K8